saya mendapatkan tes ini dari seorang guru. tepatnya guru bimbingan konseling.
banyak buku yang menyediakan tes semacam ini.
banyak buku yang menyediakan tes semacam ini.
MODALITAS BELAJAR ( Visual, Kinestetik, Auditori)
1. Ketika merangkai suatu barang, kamu lebih suka:
1. Ketika merangkai suatu barang, kamu lebih suka:
a.
Mengikuti ilustrasi cara merangkainya.(V)
b.
Mendengarkan orang membacakan instruksinya untukmu. (A)
c.
Langsung mengerjakannya tanpa mengikuti instruksi. (K)
2. Jika akan menghadapi ulangan, kamu mudah hafal jika:
a.
Menghafal materi ulangan sambil mengucapkannya keras-keras. (A)
b.
Berjalan bolak-balik sambil menghafal. (K)
c.
Membolak-balik buku membaca materi ulangan. (V)
3. Saat membaca suatu buku, yang sering kamu lakukan adalah:
a.
Menelusuri tiap-tiap kata dengan jari telunjukmu. (K)
b.
Membacanya dengan tenang, cepat dan tekun. (V)
c.
Membaca sambil menggerakkan bibir dan mengucapkannya. (A)
4. Saat berbicara, kamu:
a.
Berbicara dengan cepat (V)
b.
Berbicara dengan kecepatan sedang (A)
c.
Berbicara dengan kecepatan lambat (K)
5. Di waktu luang, kamu biasanya:
a.
Mendengarkan radio, mengobrol (A)
b.
Berjalan-jalan, olah raga, hiking (K)
c.
Menonton televisi, membaca, mengisi TTS (V)
6. Kalau kamu marah, biasanya paling terlihat dari:
a.
Ekspresi wajah. (V)
b.
Intonasi suara.(A)
c. Gerak
tubuh.(K)
7. Biasanya pada saat kamu tidak ada kegiatan:
a.
Gelisah tak bisa duduk tenang. (K)
b.
Bebicara dengan diri sendiri. (A)
c.
Melamun, menatap ke angkasa. (V)
8. Pilih kegiatan yang kamu merasa nyaman melakukannya:
a.
Menulis -V
b. Menari
-K
c.
Berolahraga -K
d.
Menggambar -V
e.
Membuat kerajinan tangan -K
f.
Berdebat -A
g.
Bercerita -A
h.
Mendesain -V
i.
Bermain Musik -A
9. Kata-kata khas kamu saat berbicara:
a.
"Lihat baik-baik…" V
b.
"Dengarkan baik-baik…" A
c.
"Rasakan baik-baik…" K
10. Mana yang paling sering terjadi saat di sekolah:
a. Saat
guru menerangkan, tangan kamu tidak bisa diam, memain-mainkan ballpoint. -K
b. Kamu
mendengarkan saja waktu guru menerangkan. -A
c. Kamu
memperhatikan wajah guru saat beliau berbicara/menerangkan. -V
11. Kamu lebih gampang mengingat sesuatu kalau kamu menuliskannya. -V
a. Hampir
selalu 3
b.
Kadang-kadang 2
c. Jarang
sekali 1
12. Waktu guru menerangkan pelajaran di depan kelas, susah sekali bwt kamu utk
mengerti.-V
a. Hampir
selalu 3
b.
Kadang-kadang 2
c. Jarang
sekali 1
13. Bagian kosong buku catatan suka kamu gambari atau tulisi saat guru
menerangkan. V
a. Hampir
selalu 3
b.
Kadang-kadang 2
c. Jarang
sekali 1
14. Kamu tidak bisa belajar kalau ada keributan atau musik terdengar olehmu. V
a. Hampir
selalu 3
b.
Kadang-kadang 2
c. Jarang
sekali 1
15. Di tempat sepi biasanya kamu bisa konsentrasi dengan baik. V
a. Hampir
selalu 3
b.
Kadang-kadang 2
c. Jarang
sekali 1
16. Kamu lebih senang jika sesuatu berwarna. V
a. Hampir
selalu 3
b.
Kadang-kadang 2
c. Jarang
sekali 1
17. Kamu seringkali 'telat' kalau ada yang melontarkan 'joke'. -V
a. Hampir
selalu 3
b.
Kadang-kadang 2\
c. Jarang
sekali 1
18. Sewaktu ulangan, kamu membayangkan buku catatan kamu dalam pikiran. -V
a. Hampir
selalu 3
b.
Kadang-kadang 2
c. Jarang
sekali 1
19. Saat guru menerangkan, kamu merasa lebih bisa berkonsentrasi kalau menatap
wajahnya.V
a. Hampir
selalu 3
b.
Kadang-kadang 2
c. Jarang
sekali 1
20. Kamu menuliskan instruksi yang kamu dapat, tidak hanya mendengarnya saja. V
a. Hampir
selalu 3
b.
Kadang-kadang 2
c. Jarang
sekali 1
21. Catatan-catatan kamu berantakan sekali, tidak teratur. A
a. Hampir
selalu 3
b.
Kadang-kadang 2
c. Jarang
sekali 1
22. Mata kamu gampang capek walau kamu tidak pakai kacamata. A
a. Hampir
selalu 3
b.
Kadang-kadang 2
c. Jarang
sekali 1
23. Kamu tidak begitu mahir mengartikan bahasa tubuh seseorang. A
a. Hampir
selalu 3
b.
Kadang-kadang 2
c. Jarang
sekali 1
24. Kamu seringkali salah membaca suatu kata. A
a. Hampir
selalu 3
b.
Kadang-kadang 2
c. Jarang
sekali 1
25. Lebih baik kamu disuruh mendengarkan guru menerangkan daripada disuruh
membaca buku sendiri. A
a. Hampir
selalu 3
b.
Kadang-kadang 2
c. Jarang
sekali 1
26. Kamu sangat mudah mengingat sesuatu yang dikatakan oleh orang. A
a. Hampir
selalu 3
b.
Kadang-kadang 2
c. Jarang
sekali 1
27. Kamu paling tidak suka jika mendapat tugas menulis essay atau laporan,
lebih baik ditanya secara lisan. A
a. Hampir
selalu 3
b.
Kadang-kadang 2
c. Jarang
sekali 1
28. Kamu kesulitan membaca tulisan yang kecil-kecil, walau mata kamu sehat. A
a. Hampir
selalu 3
b.
Kadang-kadang 2
c. Jarang
sekali 1
29. Instruksi/petunjuk tertulis membuat kamu bingung. A
a. Hampir
selalu 3
b.
Kadang-kadang 2
c. Jarang
sekali 1
30. Membaca membuat tangan kamu pegal karena harus menunjuk tiap kata yang
sedang dibaca, kalau tidak, melantur kemana-mana. -A
a. Hampir
selalu 3
b.
Kadang-kadang 2
c. Jarang
sekali 1
31. Teman-teman kamu tidak mengerti kalau kamu memberi instruksi. K
a. Hampir
selalu 3
b.
Kadang-kadang 2
c. Jarang
sekali 1
32. Waktu yang kamu butuhkan untuk mengerjakan tugas cukup lama, karena kamu
harus berjalan ke sana kemari, beristirahat sebentar, atau mengerjakan hal
lain, untuk mendapatkan ide lebih lanjut. K
a. Hampir
selalu 3
b.
Kadang-kadang 2
c. Jarang
sekali 1
33. Duduk terlalu lama menyiksa kamu. K
a. Hampir
selalu 3
b.
Kadang-kadang 2
c. Jarang
sekali 1
34. Daripada memikirkannya matang-matang, kamu memilih 'trial-error' kalau
menghadapi suatu masalah. K
a. Hampir
selalu 3
b.
Kadang-kadang 2
c. Jarang
sekali 1
35. Biasanya kamu langsung mengerjakan sesuatu tanpa harus melihat instruksinya
terlebih dahulu. K
a. Hampir
selalu 3
b.
Kadang-kadang 2
c. Jarang
sekali 1
36. Kamu senang berolah raga dan cukup mahir pada beberapa cabang olah raga. K
a. Hampir
selalu 3
b.
Kadang-kadang 2
c. Jarang
sekali 1
37. Teman kamu bilang "Repot sekali melihat kamu menerangkan sesuatu, tangan
kamu tidak bisa diam. Pasti ikut menerangkan juga". K
a. Hampir
selalu 3
b.
Kadang-kadang 2
c. Jarang
sekali 1
38. Kamu melihat sesuatu yang sudah jadi, kemudian kamu suka membuatnya
sendiri. K
a. Hampir
selalu 3
b.
Kadang-kadang 2
c. Jarang
sekali 1
39. Kamu senang membaca buku pelajaran sambil naik sepeda statis/olahraga
ditempat lainnya. K a. Hampir selalu 3
b.
Kadang-kadang 2
c. Jarang
sekali 1
40. Agar kamu dapat mengerti pelajaran, kamu suka menulis ulang atau mengetik
catatan pelajaran kamu. K
a. Hampir
selalu 3
b.
Kadang-kadang 2
c. Jarang
sekali 1
41. B/S Kamu lebih baik disuruh menggambarkan peta daripada menerangkan arah
jalan kepada seseorang . (V)
42. B/S Kamu dapat/pernah memainkan suatu alat musik. (A)
43. B/S Kamu dapat menghubungkan musik dengan perasaanmu. A
44. B/S Kamu bisa menjumlah atau mengalikan dengan cepat diluar kepala. V
45. B/S Kamu senang bekerja dengan komputer atau kalkulator. V
46. B/S Belajar langkah baru dalam suatu tarian/gerakan dansa, mudah buat kamu.
K
47. B/S Mudah bagi kamu untuk mengungkapkan pendapat kamu dalam suatu debat. A
48. B/S Kamu senang mengikuti ceramah atau seminar. A
49. B/S Dimanapun kamu berada, kamu tahu arah mata angin. V
50. B/S Hidupmu rasanya hampa tanpa musik. A
51. B/S Kamu selalu mengerti instruksi-instruksi dalam buku manual suatu
barang. V
52. B/S Puzzle dan Games sangat kamu sukai. V
53. B/S Mudah bagi kamu untuk belajar mengendarai motor/mobil. K
54. B/S Kamu merasa terpancing saat mendengar ada orang yang berbicara tapi
pembicaraannya terdengar tidak logis. A
55. B/S Koordinasi tubuh dan keseimbangan kamu cukup baik. K
56. B/S Kamu merasa lebih cepat dari orang lain saat melihat pola atau hubungan
antara suatu angka. V
57. B/S Kamu menyukai kegiatan membuat model atau membuat patung. K
58. B/S Mudah bagi kamu untuk menangkap inti suatu pembicaraan/kalimat. A
59. B/S Kamu dapat dengan mudah membayangkan suatu objek dalam berbagai posisi.
V
60. B/S Seringkali kamu menjadikan suatu lagu sebagai "soundtrack"
suatu kejadian dalam hidup kamu. A
61. B/S Kamu suka bekerja dengan angka-angka dan bentuk. V
62. B/S Menyenangkan buat kamu untuk memperhatikan bentuk-bentuk gedung/rumah.
V
63. B/S Diwaktu kamu sendiri atau di kamar mandi, kamu senang bersenandung atau
bersiul. A
64. B/S Kamu cukup baik di salah satu cabang olahraga. K
65. B/S Kamu berminat untuk belajar struktur bahasa. A
66. B/S Biasanya kamu cukup sadar terhadap ekspresi wajah kamu. K
67. B/S Kamu cukup peka terhadap perubahan ekspresi tubuh orang lain. K
68. B/S Kamu cukup peka terhadap perasaan-perasaan kamu dan mudah untuk
membedakannya. K
69. B/S Kamu cukup peka terhadap perasaan orang lain. K
70. B/S Kamu cukup peka tentang pandangan orang terhadap kamu. K
Skoring:
Untuk no 1-11, hitung jumlah K, A dan V yang kamu dapatkan. Untuk no 11-40, Hitunglah skor tiap item dengan melihat kode di depan pertanyaan itu (misal K, maka nilaimu untuk K=skor yang kau dapatkan pada item a,b atau c (1,2 atau 3)). Untuk no 41-70 sama seperti no 1-11.Jumlahkan semua A, K dan V yang kamu dapat, lalu bandingkan. Nilai terbesar menunjukkan kecenderunganmu pada modalitas tersebut. Apabila nilaimu merata, berarti kamu telah menggunakan ketiga cara pencerap informasi secara seimbang.
Untuk Skor V yang menonjol :
Kamu adalah pelajar dengan tipe Visual :Hal ini berarti kamu cenderung belajar dengan cara melihat sesuatu. Kamu menyukai melihat gambar atau diagram,menonton pertunjukan, demonstrasi suatu kegiatan, atau menyaksikan video.
Untuk mempermudah dan mempercepat kamu untuk memahami sesuatu (pelajaran atau
hal yg lain) cobalah:Mengubah pelajaran yang kamu catat ke dalam bentuk
poster-poster yang mudah dilihat, dengan gambar-gambar yang menarik, grafik,dan
warnai seindah mungkin.
Buatlah peta konsep pelajaran dengan: mulai dari tema besar di tengah
halaman,menggunakan kata-kata penting, menggunakan simbol, warna, kata, gambar
yang mencolok, dan lakukan ini dengan gayamu sendiri.Dalam mencatat pelajaran,
gunakan tanda-tanda, gambar dan warna untuk menandai hal-hal penting agar dapat
dengan mudah dilihat lagi jika kita mempelajarinya di lain waktu.
Untuk membantu mengingat apa yang baru kita baca dan dengar, duduklah dengan
santai, dan bayangkan dalam pikiran apa yang baru dibaca/didengar, agar kita
lebih paham lagi.
Kamu adalah pelajar dengan tipe Visual :Hal ini berarti kamu cenderung belajar
dengan cara melihat sesuatu. Kamu menyukai melihat gambar atau diagram,menonton
pertunjukan, demonstrasi suatu kegiatan, atau menyaksikan video.Untuk mempermudah dan mempercepat kamu untuk memahami sesuatu (pelajaran atau hal yg lain) cobalah:Mengubah pelajaran yang kamu catat ke dalam bentuk poster-poster yang mudah dilihat, dengan gambar-gambar yang menarik, grafik,dan warnai seindah mungkin.
Buatlah peta konsep pelajaran dengan: mulai dari tema besar di tengah halaman,menggunakan kata-kata penting, menggunakan simbol, warna, kata, gambar yang mencolok, dan lakukan ini dengan gayamu sendiri.Dalam mencatat pelajaran, gunakan tanda-tanda, gambar dan warna untuk menandai hal-hal penting agar dapat dengan mudah dilihat lagi jika kita mempelajarinya di lain waktu.
Untuk membantu mengingat apa yang baru kita baca dan dengar, duduklah dengan santai, dan bayangkan dalam pikiran apa yang baru dibaca/didengar, agar kita lebih paham lagi.
Untuk mempermudah dan mempercepat kamu untuk memahami sesuatu (pelajaran atau hal yg lain) cobalah:Mengubah pelajaran yang kamu catat ke dalam bentuk poster-poster yang mudah dilihat, dengan gambar-gambar yang menarik, grafik,dan warnai seindah mungkin.
Buatlah peta konsep pelajaran dengan: mulai dari tema besar di tengah halaman,menggunakan kata-kata penting, menggunakan simbol, warna, kata, gambar yang mencolok, dan lakukan ini dengan gayamu sendiri.Dalam mencatat pelajaran, gunakan tanda-tanda, gambar dan warna untuk menandai hal-hal penting agar dapat dengan mudah dilihat lagi jika kita mempelajarinya di lain waktu.
Untuk membantu mengingat apa yang baru kita baca dan dengar, duduklah dengan santai, dan bayangkan dalam pikiran apa yang baru dibaca/didengar, agar kita lebih paham lagi.
Untuk mempermudah dan mempercepat kamu untuk memahami sesuatu (pelajaran atau hal yg lain) cobalah:Mengubah pelajaran yang kamu catat ke dalam bentuk poster-poster yang mudah dilihat, dengan gambar-gambar yang menarik, grafik,dan warnai seindah mungkin.
Buatlah peta konsep pelajaran dengan: mulai dari tema besar di tengah halaman,menggunakan kata-kata penting, menggunakan simbol, warna, kata, gambar yang mencolok, dan lakukan ini dengan gayamu sendiri.Dalam mencatat pelajaran, gunakan tanda-tanda, gambar dan warna untuk menandai hal-hal penting agar dapat dengan mudah dilihat lagi jika kita mempelajarinya di lain waktu.
Untuk membantu mengingat apa yang baru kita baca dan dengar, duduklah dengan santai, dan bayangkan dalam pikiran apa yang baru dibaca/didengar, agar kita lebih paham lagi.
Untuk Skor A yang menonjol :
Kamu adalah pelajar dengan tipe Auditori:Hal ini berarti kamu cenderung belajar dengan cara mendengar sesuatu. Kamu menyukai mendengar pidato, ceramah guru menerangkan, mendengarkan radio atau kaset, berdebat atau berdiskusi.Untuk mempermudah kamu memahami sesuatu (pelajaran atau hal yg lain) cobalah:
Membaca pelajaran dengan cara baca yang dramatis, seperti pujangga membaca puisi misalnya, atau seperti scenario, bahkan cobalah menyanyikannya dengan irama iklan atau rap.Merangkum pelajaran untuk diucapkan dengan lantang, atau bahkan merekamnya dalam kaset, diselingi plesetan atau hal lain,dan memutarnya dengan walkman sepanjang perjalanan kita ke sekolah.
Saat membacakan dengan lantang, perhatikan intonasi, penekanan khusus, coba berbisik, dan coba juga sambil memejamkan mata untuk belajar membayangkan apa yang sedang dibacakan, sehingga secara tidak langsung kita telah mengaktifkan pula daya visual kita dalam belajar.
Untuk Skor K yang menonjol :
Kamu adalah pelajar dengan tipe Kinestetik:Hal ini berarti kamu cenderung belajar melalui aktivitas fisik dan melibatkan diri langsung. Kamu suka menyentuh, merasakan, membongkar sesuatu, melakukan olah tubuh.Untuk mempercepat dan mempermudahmu memahami sesuatu (pelajaran atau lainnya, cobalah:
Belajar sambil berjalan-jalan. Setiap kali membaca atau mendengarkan seseorangberbicara, bangkitlah untuk sedikit bergerak setiap 20-30 menit sekali.
Coba belajar dalam kelompok untuk membentuk suasana bermain peran (drama) dari pelajaran yang dibahas.Tulislah kembali point-point penting dari catatan pelajaran ke dalam kartu-kartu yang disusun secara logis.
Buatlah semacam percobaan, atau model dari apa yang sedang kamu pelajari. Libatkan tubuh kamu dalam belajar dengan mencoba meniru apa yang dipelajari, atau bahkan meniru gaya-gaya lucu gurumu ketika mengajar agar kamu dapat mengingatnya dengan lebih baik!Setiap orang memiliki kekuatan dan kelemahannya masing-masing.
Dengan mengetahui kekuatanmu, kamu dapat meningkatkan prestasi dengan mengarahkan diri untuk mencari cara-cara belajar yang cocok dengan kecenderungan-kecenderungan pada dirimu. Jika kamu mau belajar mengaktifkan aspek-aspek yang kurang menonjol lainnya (tentu dengan menyisihkan waktu)prestasi kamu bisa berkembang lebih baik lagi!
0 comment:
Post a Comment